Distro Linux Elementary OS

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


ELEMENTARY OS

Berbicara tentang OS atau sistem operasi pasti kita sudah mengenal 3 macam OS : Linux, Mac OS, dan Windows. Untuk Linux sendiri seperti yang kalian tahu memiliki banyak sekali janis-jenisnya yang biasa disebut dengan DISTRO.  Nah kali ini PahamTeknologi akan mengulas sedikit tentang salah satu distro Linux yaitu Elementary OS.




Apa sih itu Elementary OS❓
Elementary OS adalah salah satu distro Linux dengan tampilan terbaik karena  memiliki tampilan yang sekilas sangat mirip dengan macOS bukan karena menjiplak atau ‘terinspirasi’, namun karena model tampilan ini memang terbukti memberikan user-experience yang sangat mudah dimengerti. Developer dari ElementaryOS mengusung tiga konsep pada produk mereka yaitu ringkas, menghindari konfigurasi dan meminimalkan dokumentasi. Sederhananya, pengguna bisa langsung menggunakan dan mengerti tanpa perlu banyak belajar. Namun, hal ini berdampak pada kustomisasi yang sangat minimal.

ElementaryOS menggunakan desktop environment bernama Pantheon yang memberikannya tampilan sangat mirip dengan macOS. Keuntungannya? Sistem operasi satu ini terasa sangat sederhana dan ringan namun sangat mudah digunakan tanpa perlu banyak belajar.

Uniknya di Elementary OS ini ada fitur notifikasi dimana jika semisal kita menjalankan perintah di Terminal maka jika sudah selesai perintah itu dieksekusi akan muncul notofikasi di pojok kanan atas. Fitur ini belum tersedia di beberapa distro Linux termasuk Ubuntu.

Elementary OS ini memiliki 4 versi :
1. Jupiter
2. Luna
3. Freya
4. Loki

Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa kalian cek link di bawah ini :) 

sumber :

Terima Kasih😀
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Syafira Nur Amalia Arif - STT PLN. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online